Chicken Lasagna

08.37

Sejak tinggal di Jepang, aktivitas saya yang paling menyenangkan selain nulis, ngurus anak, adalah memasak. Memasak menu-menu baru yang sebelumnya lebih sering saya beli daripada membuatnya. Yah lagi-lagi karena di Indonesia semua bisa saya dapatkan dimana aja.

Tetapi di Jepang, ketika saya ingin sesuatu, maka saya harus membuatnya sendiri. Seperti menu kali ini, sudah sangat lama saya penasaran ingin membuat jajanan italiano yang satu ini. Selain spagheti dan fetucini. Ada 2 menu yaitu Pizza dan Lasagna. Untuk pizza saya sudah berhasil membuatnya dengan sukses, resep akan saya tulis di postingan lain, dikarenakan saya lupa mendokumentasikan bahan, cara membuat dan hasilnya (keburu abis duluan).

Kali ini yang ingin saya bagikan adalah cara membuat lasagna. Ummmm siapa yang tak kenal dengan lasagna. Pasta berlapis saos bolognese dan saos kejunya begitu mengundang selera. Hmmm... daripada ngebayangin gimana lezatnya lasagna saya. Mending dicoba yuk step by step pembuatan lasagna dari dapur saruta saya.


Bahan :
6 lembar kulit lasagna rebus tiriskan
Daging sapi/ayam (dada) cincang, kali ini saya pakai daging ayam
Pasta tomat atau Saos Tomat
Tomat 2 buah potong dadu
Bawang bombay iris halus (bawang putih cincang = additional item)
Oregano
Basil
Minyak goreng
Susu cair
1 butir telur
Keju Mozarella (parut kasar)
5 sdm terigu (larutkan dalam 150 ml air)
Garam
Merica


Cara membuat :
Saos Bolognese
Tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan ayam cincang dan tomat sambil ditekan-tekan hingga hancur. Tambahkan saos tomat dan sedikit air. Aduk rata. Diamkan hingga mengental. Masukkan oregano dan basil. Tambahkan garam. Kemudian sisihkan

Saos Keju
Larutkan terigu dalam air, tambahkan susu cair. Garam dan Merica. Masak di atas api kecil. Aduk hingga mengental. Masukkan telur. Aduk cepat. Hingga telur tidak menggumpal. Angkat dan dinginkan hingga angat-angat kuku. Masukkan keju mozarella. Aduk rata.

Susun saos bolognese di dasar loyang, kemudian saos keju, kulit lasagna, saos bolognese, saos keju, kulit lasagna. Begitu seterusnya hingga loyang terisi penuh. Pada bagian atas taburi lagi dengan parutan keju mozarella.

Panaskan oven, panggang sekitar 15 menit (sambil ditengok-tengok agar keju yang paling atas tidak terlalu gosong). Angkat... dinginkan. Hidangkan...
Tadaaaa Chicken Lasagna siap dinikmati. Aroma kejunya gak nahan.




Selamat mencoba ^^

You Might Also Like

5 komentar

  1. dari dulu pengen bikin sendiri mak lasagna..boleh deh dicoba resep yg ini..makasih mak :)

    BalasHapus
  2. Pengen coba tapi beli kulit lasagnanya ditempatku agak susah.

    BalasHapus
  3. Pengen coba, tapi mau cari kulit lasagna dulu...thanks for sharing

    BalasHapus
  4. mak Rosita Dani : selamat mencoba

    mak Ika : lokasi dimana mak?

    mak Dewi : semoga sukses lasagnanya

    mak Agustinadin : betul banget mak, enak

    BalasHapus

Quote

Quote

Quote

Quote

Follower